MEMBUAT WEBMAIL MENGGUNAKAN ROUNDCUBE DEBIAN 9 VIA VMWARE

WEBMAIL adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Setelah kalian membuat mail server seperti di tutorial sebelumnya, maka untuk mempermudah client dalam melakukan pengiriman kita akan buat sebuah web mail server.
Disini saya menggunakan roundcube. Mengapa disini saya mengunakan roundcube dan bukanya squirrelmail? alasannya karena di dvd debian saya tidak terdapat paket squirrelmail. Maka dari itu saya mengunakan roundcube untuk membuat web mail server.


Baiklah langsung saja tutorialnya

Masukan dvd binary-3 dengan perintah "apt-cdrom add". Sebelum menginstall roundcube, install database mysql terlebih dahulu dengan cara ketik "apt-get install mariadb-server"


Cek apakah mysql sudah terinstall atau belum. Masukkan perintah “cd /etc/init.d/” lalu enter, kemudian ketik “ls”

Konfigurasi Apache2 dengan cara masuk ke direktori apache2.conf dengan perintah “nano /etc/apache2/apache2.conf”. Tambahkan konfigurasi seperti dibawah ini

Selanjutnya Masukkan perintah “apt-get install roundcube” untuk melakukan installasi roundcube

Klik "yes" untuk membuat konfigurasi database roundcube

Masukkan password untuk database roundcube

Konfigurasi roundcube dengan cara masuk ke direktori roundcube dengan perintah “nano /etc/roundcube/apache.conf”. Tambahkan konfigurasi seperti gambar dibawah ini

Restart apache2 dengan perintah “/etc/init.d/apache2 restart”

Selanjutnya kita akan mengecek apakah web mail kita sudah berhasil kita buat. Caranya kita install w3m terlebih dahulu “apt-get install w3m”. Kemudian kita cek dengan mengunakan perintah "w3m (nama domain mail kalian)".

Setelah berhasil kita tes di server debian, sekarang kita akan buka web mail tersebut di browser client.  Ketik alamat domain mail kalian “mail.fabela.com”, kemudian login mengunakan akun yang sudah kalian buat.

Berikut tampilannya setelah login


Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat :D

Comments

Popular Posts