MENGGANTI TEMPLATE LOGIN HOTSPOT PADA MIKROTIK


Kalian yang sudah membuat Hotspot di Mikrotik pastinya tau kan gimana tampilan halaman login default Mikrotik nya. Tampilannya simple dan cenderung membosankan. Nah, sebenarnya Halaman login hotspot mikrotik bisa kita edit, modifikasi, dan ganti sesuai keinginan kita. Nah, kali ini saya akan sharing tentang cara mengubah template login hotspot pada Mikrotik. 

(Ini adalah tampilan defaultnya)
 
(Ini adalah tampilan defaultnya)

Untuk mengubah template login hotspot konsepnya hampir sama seperti membuat web sederhana. Jadi paling tidak kita harus ngerti bahasa HTML sedikit-sedikit, dan sedikit sentuhan desain.

Apabila kalian ingin berkreasi sendiri, kalian bisa menggunakan media dibawah ini untuk edit file hotspotnya :

> HTML editor : Dreamweaver, Notepad++, dll
> Picture editor : CorelDraw, Photoshop, dll

Tapi, disini saya menggunakan cara instan hehe :D... Yakni kita tinggal download saja file templatenya, kalian bisa download file nya disini https://drive.google.com/drive/folders/0Bymby4kMka4lOVBpSVk1dW5jcUk atau bisa cari referensi – referensi yang lain.

Baiklah langsung saja tutorialnya 
    Jika sudah di download, kalian ekstrak file templatenya. Disini saya menggunakan file template “blue like” (untuk password filenya yakni “www.codekece.com”). Jika sudah di ekstrak, pindah atau copy file nya ke dekstop, hal ini untuk mempermudah perpindahan file ke winbox mikrotik nya

    Selanjutnya, buka Winbox nya, kemudian pilih menu Files. Geser atau klik 2 kali dan di tahan file template yang ada di dekstop ke menu file list tersebut dan taruh file nya di list paling atas (jangan sampai masuk ke folder lain) 


    Jika sudah selesai, sekarang masuk ke menu hotspot. Pilih "Server Profile" lalu klik 2x hotspot yang telah di buat dan di setting, selanjutnya klik tab "General" ubah menu "HTML Directory" nya sesuaikan dengan nama folder template yang telah di taruh dalam list tadi. Klik OK


    Jika sudah selesai, sekarang coba cek di browser kalian.

    Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba :D

Comments

Popular Posts