INSTALL DAN KONFIGURASI NTP DI DEBIAN 9


I’m baaaaaaaack, setdah gila udah ga up selama setaun wkwk, maapin ya karena adminnya lagi sibuk banget akhir2 ini, setelah pulang magang harus ngadepin sidang, trus juga banyak ujian sekolah, ujian praktik, dan masih banyak lagi. Dan satu lagi, taun ini aku lulus yeaaaay. Yaaaa... meskipun lulusnya giveaway gara – gara covid-19 nih. Tapi aku udah ngelaksanain ujian nasional looooh, SMK kan ujiannya duluan daripada SMA. Bayangin deh, lagi gencar – gencarnya tentang virus corona ini, SMK malah ujian nasional. Wkwk gausah dibayangin deh, ga guna juga. Oke stop curhatnya, kembali ke tujuan awalku yaitu share ilmu lagi ke kalian.

Pengertian NTP


Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengsinkronan waktu di dalam sebuah jaringan bisa pada jaringan LAN maupun pada jaringan internet dan untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data.


Cara kerja NTP

NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Komputer ini disebut juga stratum 1. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain dengan protokol NTP yang disebut stratum 2. Komputer dalam jaringan tersebut dapat menyinkronkan jaringan lain yang disebut stratum 3, dan seterusnya sampai stratum 16. 

Konfigurasi NTP pada Debian 9  
  1. Masuk sebagai root. Ketik “apt-get install ntp” untuk memulai instalasi. Apabila muncul pertanyaan maka ketik y lalu enter. 

  2. Konfigurasi NTP server dengan perintah “nano /etc/ntp.conf”, lalu uncomment baris ini.

    #pool 0.debian.pool.ntp.org iburst
    #pool 1.debian.pool.ntp.org iburst
    #pool 2.debian.pool.ntp.org iburst
    #pool 3.debian.pool.ntp.org iburst

    lalu tambahkan baris berikut dibawahnya

    server 127.127.1.0
    fudge 127.127.1.0 stratum 1

  3. Simpan konfigurasi seperti biasanya dengan cara ketik CTRL + O, enter, lalu CTRL + X

  4. Restart NTP dengan perintah “systemctl restart ntp” atau bisa juga dengan “/etc/init.d/ntp restart".

  5. Uji coba pada client yaitu windows. Buka date and time > internet time > change settings. Arahkan server ke alamat IP NTP Server (IP yang telah disetting pada network interfaces), klik update. Jika berhasil maka akan muncul teks succesfully dan juga tanggal dan waktu pada client akan berubah mengikuti pada servernya yaitu debian. 

  6. Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba :D

Comments

  1. Nice info, btw welcome back ya min. Terus bagi tutor2 yg lain ya. Soalnya tutornya membantu bgt buat tugas2 dan always work di aku

    ReplyDelete
  2. Kak kalau direstart ntp nya failed gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang salah penulisan di file ntp.conf, coba dicek lagi

      Delete

Post a Comment

Popular Posts