ROUTING DEBIAN 9 KE HOST VIA MIKROTIK di VMWARE

Routing adalah proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain. Beberapa contoh item yang dapat di-routing : mail, telepon call, dan data. Di dalam jaringan, Router adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan routing trafik.

Nah, kali ini aku mau bagi ilmu nih, gimana caranya routing debian ke host (windows) via mikrotik. Langsung aja tutorialnya..

Pastikan kalian sudah menginstall mikrotik dan debian terlebih dahulu di VMware. Disini kita menggunakan 2 network adapter untuk mikrotik, satu untuk terhubung ke windows (host) , dan satunya lagi untuk terhubung ke debian (klien). Untuk adapter pertama yakni windows, saya menggunakan adapter “Host-only”. Sedangkan untuk adapter kedua yakni debian, saya menggunakan adapter “Lan segment"

    Buka mikrotiknya, masuk ke setting > pilih network adapter > pilih “host-only adapter”. Untuk menambahkan satu adapter lagi, klik add > pilih network adapter > klik finish > pilih “Lan segment dan beri nama debian. Setelah itu klik OK.

    Masuk dengan login admin dan untuk password kosongi saja. Supaya tidak bingung maka saya akan membedakan adapter 1 dan 2 dengan memberi nama. Ether1 saya beri nama windows, dan ether2 saya beri nama debian. 

    Atur IP Addressnya. Untuk windows “192.168.22.1/24” sementara untuk debian “20.20.20.1/24”

    Sekarang pindah ke debiannya, masuk setting dan ubah network adapternya menjadi “Lan Segment”

    Masuk sebagai root dengan perintah “su”. Buka file interfacenya dengan perintah “nano /etc/network/interfaces”. Masukkan IP Address dan sesuaikan seperti yang dimikrotik tadi, jadi ip range yang bisa digunakan adalah “20.20.20.2 – 20.20.20.254”. Simpan konfigurasi dengan kombinasi tombol CTRL + O, enter, CTRL + X
(Jangan lupa install dns server dan web server pada debian. Kalian bisa lihat di tutorial sebelumnya)
    Kembali lagi ke mikrotik. Tambahkan IP DNSnya, yaitu ip pada debian tadi

    Tambahkan IP route 

    Selanjutnya buka control panel dan setting IP seperti dibawah ini

    Terakhir, saatnya kita uji. Ping Ip dan juga domain debian di mikrotik. Yap berhasil

    Ping juga lewat Command prompt

    Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Selamat mencoba :D

Comments

Popular Posts