KOMUNIKASI DATA

Pada umumnya data adalah file-file baik fast communication dan missed communication akan kita sebut semua sebagai komunikasi data.
Dalam Sistem Komunikasi ada 2 teknik komunikasi, yaitu:

1. Analog
Bentuk dari komunikasi analog adalah bentuk asal dari informasi tersebut. baik yang dikirimkan dari kabel ataupun secara nirkabel (wireless), maupun gabungan dari keduanya.

2. Digital
Kalau bentuk dari komunikasi digital adalah bentuk asal dari informasi itu diubah menjadi bentuk digital dengan teknik sentring.

System Telekomunikasi

    1.   Terrestrial network ; Media ini kita sebut sebagai terrestrial karena berada dipermukaan bumi, atau dibawah permukaan bumi ataupun agak diatas permukaan bumi tetapi tidak terlalu jauh.
    2.   Satellite communication ; berada pada atmosfer bumi sehingga dapat menjangkau seluruh media. 
Komunikasi data sebenarnya adalah gabungan dari dua teknik, yaitu telekomunikasi dan juga data processing atau yang lebih kita kenal dengan system computer. Telekomunikasi sendiri merupakan proses transmisi dari informasi ke tempat tujuan. Komponen dari komunikasi data tak jauh beda dengan komponen system komunikasi, yakni :
1.   Source (sumber)
2.   System transmisi
3.   Receiver (penerima)

Model Komunikasi Data




Model dari komunikasi data adalah adanya sumber informasi atau data. Data tersebut diubah menjadi bentuk digital dan diberikan kepada transmitter menjadi signal yang bisa dimengerti oleh media yang membawakannya, jadi apabila media itu serat optic maka signal transmitter itu berupa cahaya dan diberikan kepada receiver atau penerima. Penerima akan mengubah kembali seperti bentuk asal dari data tersebut. Itu adalah model dari komunikasi data.
        
Karakteristik Komunikasi Data : 

1.   Fasilitas komunikasi data harus mempunyai kemampuan untuk memberikan kecepatan tinggi untuk berkomunikasi dengan berbagai macam computer
2.   Komunikasi data ini dilakukan melalui jaringan data dan biasanya agak berbeda dengan komunikasi pada umumnya, yakni melalui private network.
  

Comments

Popular Posts