SECURITY NETWORK


Kita tau belum lama ini mengenai ransomwere, yaitu orang bisa memaksa client yang terkena ransomwere untuk membayar sekian juta, kalau tidak maka datanya akan hilang semua. Ternyata masalah-masalah seperti itu menjadi lahan baru untuk seseorang  mencari uang walaupun dengan cara non-legal. Karena semakin banyaknya hal seperti itu, makanya kita perlu yang namanya security.

Security adalah suatu informasi atau insfrastruktur yang bisa diakses dengan baik. dimana kemungkinan keberhasilan pencurian, gangguan, dan layanan yang belum terdeteksi tetap bisa diantisipasi / tolerable. Artinya adalah kita tidak bisa memastikan PC kita 100% tidak ada virus. Pasti tetap ada beberapa persen virus di PC kita, tetapi virus tersebut adalah virus  yang bisa diantisipasi.

Komponen security

Didalam security terdapat 3 komponen, yaitu ; 

 
·        Confidentiality : data tidak bisa dilihat oleh orang lain.
·        Integrity : data dapat diubah oleh orang yang bersangkutan saja.
·        Availability : data bisa diakses oleh orang lain.

Ketiga komponen ini harus saling berbagi. contoh kita ingin data kita confidentiality, berarti data kita tidak dapat diakses oleh orang lain. sehingga dari sisi Availability tidak dapat atau tidak ada.  Oleh karena itu untuk bisa melihat, kita buka lewat server data. Kemudian apakah data tersebut bisa diubah? Bisa tetapi harus integrity, yaitu hanya orang yang bersangkutan saja.
Ancaman-ancaman virus yang bisa terjadi terhadap PC kita dan umunya terjadi karena kecerobohan kita sendiri. Sebagai contoh, apabila kita akan akses ke network, kita tidak mengaktifkan firewall terlebih dahulu, tentu saja virus akan masuk.

Cara Penanggulangan

Berikut beberapa cara agar data kita tetap aman.
·        Information protection : lakukan enkrip data atau diacak, supaya walaupun orang bisa akses tetapictidak bisa melihat secara valid.
·        Software control :  contohnya firewall, antivirus, dll.
·        Hardware control : seperti finger scan, yaitu ketika kita mau akses ke suatu data maka kita harus menempelkan finger kita.
·        Aturan : contonya seperti email. Yaitu pasti diminta untuk mengganti password  

·        Physical control : penempatan fisik device tidak boleh ditempatkan pada tempat yang terbuka oleh umum, agar fisik-fisiknya itu tidak diambil oleh orang lain.

Comments

Popular Posts