ROUTING


Saat ini disetiap perusahaan pasti memiliki IP, memiliki device. Mereka juga membuat IPnya sendiri-sendiri. Bagaimana mereka berkomunikasi? Untuk dapat berkomunikasi dengan perusahaan yang lain maka diperlukan routing (router). Routing itu adalah proses menentukan jalur data dari sender ke receiver agar bisa mengirimkan data melalui jalur dimana saja. Bisa melalui jalur yang sama maupun berbeda beda.
Apa sih yang dilakukan oleh router? Router pada saat melakukan pemilihan jalur dari satu titik ke titik yang lain, ada kriterianya. Umumnya adalah menggunakan minimum hop, hop adalah router2 yang dilewati. Misalkan dari suatu domain A ke domain B melewati 3 router, maka akan melewati 3 hop. Yang lain adalah menggunakan list cost, lalu bisa juga melalui delay yaitu mencari delay yang terkecil jadi data kebih cepat sampai. Itulah kriteria pemilihan jalur oleh Router.

Model Routing
Router  secara device memiliki beberapa model atau tipe, yaitu ;
·        Centralized routing
Satu router digunakan untuk mengatur seluruh device didalam suatu jaringa atau mengatur perpindahan dari suatu jaringan ke jaringan yang lain hanya menggunakan 1 router.
·        Decentralized routing
Memiliki flexibel pemilihan yaitu bisa sebagai static routing maupun dynamic routing.

Jenis Routing
Pemilihan jalur juga ditentukan beberapa kriteria yang sudah ditanamkan dalam aplikasi di dalam router tersebut, yaitu :
·        Fixed        : dari 1 titik ke titik yang lain hanya bisa melalui jalur yang sama.
·        Floading   : mengirimkan semua data ke semua router yang terhubung.
·        Random   : bebas memilih jalur-jalur tertentu. tetapi yang dipilih hanya satu jalur dari sekianbanyak kemungkinan jalur yang ada.
·        Adaptive  : menambah aplikasi-aplikasi inteligen, meningkatkan kinerja seperti apa yang user inginkan,

Kesimpulannya, Router sangat berperan penting dalam dunia internet, karena merupakan penghubung jaringan-jaringan yang ada disuluruh dunia. Tanpa router suatu jaringan di perusahaan tidak dapat saling berhubungngan di suatu perusahaan yang lain.

Comments

Popular Posts