APA ITU KOMUNIKASI?


Pengenalan Sistem Komunikasi

Apa itu komunikasi?


Komunikasi adalah bidang studi yang berkaitan dengan transmisi dari informasi melalui berbagai macam media atau juga teknologi yang digunakan untuk mengirimkan berita atau isi dari data dari satu titik menuju ke titik yang lain. Di dalam komunikasi terdapat kemungkinan adanya draw / noise sehingga data yang dikirimkan tidak bisa dimengerti dengan baik. Didalam system komunikasi ada berbagai komponen dasar antara lain :
 
1.   Sumber (signal source) : sumber informasi biasanya berupa teks, suara, gambar, atau video.
2.   Converter : suatu system yang mengubah informasi dari bentuk asal ke besaran listrik
3.   Transmitter : yang mentransmisikan informasi
4.   Link or media : media yang digunakan untuk mentransfer atau mengirimkan signal dari transmitter menuju ke receiver
5.   Network (jaringan)
6.   Signaling : aturan / besaran listrik yang memerintah receiver
7.   Penerima (receiver)
8.   Tujuan (destination) : yang dimaksud user disini adalah pengguna ataupenerima informasi tersebut. Penguna inilah yang mengatur semua informasi yang akan digunakan sesuai dengan keinginannya

     Kemudian, hal yang kita perlu pahami bahwa dengan komponen-komponen tersebut dan dengan adanya berbagai macam informasi, maka kita akan mengenal beberapa macam layanan komunikasi. Yang paling kita kenal adalah fast communication. Baik itu radio, broadcast, telepon dan handphone itu merupakan fast communication. Dimana sebetulnya yang kita komunikasikan adalah suara. Suara kita atau musik itu merupakan komunikasi yang paling besar dan yang paling utama di dunia komunikasi. Didalam pertukaran informasi, supaya informasi lebih jelas tentunya kita mengunakan fast communication. 

     Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, juga ada salah satu bentuk komunikasi yang penting yaitu missed communication (pertukaran pesan). kalau kita mengunakan handphone biasanya kita sebut sms. Tapi secara umum missed communication kita sebut sebagai teks komunikasi. Selain teks kita juga mengirimkan infomasi dalam bentuk gambar atau foto, itu termasuk dalam missed communication. 


Comments

Popular Posts