APPLICATION LAYER

Application layer adalah layer terakhir pada TCP/IP. Dengan perkembangan teknologi, kini aplikasi didunia sangat banyak. Tetapi yang saya bahas kali ini adalah aplikasi browsing http dan email karena yang banyak digunakan saat ini adalah http dan email.

Http 

Http merupakan client-server protocol, artinya harus ada client dan harus ada server, jadi saat kita browsing berarti kita melakukan akses ke browser. Koneksi yang digunakan adalah TCP Connection, karena harus realiable, Yaitu data yang dikirimkan oleh server yang diminta itu harus pasti, akurat dan tidak ada kesalahan apapun, makanya dibutuhkan TCP Connection. Http ini bersifat stateless, Artinya adalah setiap transaksi bersifat independen.  
Jenis dokumen yang kita akses saat browsing ada 3 macam, yaitu :
·        Static
Tampilan static itu seperti kita akses yahoo.com, siapapun yang akses ke yahoo.com dimanapun dan kapanpun pada saat bersamaan pasti tampilannya sama.

·        Dynamic
Tampilan dynamic ini seperti kita akses ke gmail. Saat membuka email tampilan pertama pasti sama, yaitu tampilan untuk memasukkan username dan password. Setelah itu tampilan-nya adalah isi email dari masing-masing gmail, dan itu berbeda beda. Kenapa seperti itu? Karena server secara dynamic hanya memberikan informasi yang sesuai dengan login masing-masing. Server tersebut yang melakukan processing sebelum dikirimkan. 
·        Aktif
Kalau di static tadi tidak melakukan processing, di dynamic server yang melakukan process. Maka disini client lah yang melakukan processing. Tampilan aktif ini seperti saat kita main game online. Apakah tampilan letak posisi tokoh saat permainan itu dikirimkan kesemua pemain?, tentu saja tidak. Kalau itu dikirimkan maka butuh bandwidth yang sangat besar. Oleh karena itu yang dikirim hanyalah data posisi tokoh kita didalam game tersebut dan diprocess di pcnya masing masing. Masing masing client hanya memberikan ke server, server yang membroadcastnya ke semua user. 

Email 

Konsep email sama seperti saat kita mengirim surat, kalau kita mengirim surat biasanya mengirimkannya ke kantor pos, tetapi kalau email kantor pos tersebut adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). SMTP ini berfungsi sebagai server. Pengiriman data melalui email ini dulunya hanya bersifat teks message. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi ada yang namanya MIME (Multipurpose Internet Mail Extention) sehingga kita bisa mengirim image, video, dll.

Pengiriman email ini mengunakan protocol TCP sama seperti Http, Karena harus akurat. SMTP adalah protocol untuk pengiriman data. protocol ini hanya melihat header dari sisi email, yaitu alamat pengirim, alamat penerima, dan subject.

SMPT terdapat 2 macam yaitu SMTP sender dan SMTP receiver. SMPT mengunakan port 25 koneksinya TCP, kalau http mengunakan port 80. Kalau bergerak dari SMTP satu ke SMTP lain sebelum ke tujuan, maka data tersebut disimpan ke server, SMTP perantara.

Comments

Popular Posts