INTRANET


Intranet terdiri dari beberapa / sejumlah jaringan yang kita kenal dengan nama LAN (Local Area Network). Intranet digunakan oleh perusahaan untuk menyambungkan beberapa LAN dari perusahaan tersebut atau dari beberapa jaringan. Dengan perkembangan IOT (Internet Of Things) kita bisa menyambungkan beberapa perangkat ke dalam suatu jaringan sehingga kemudian bisa diakses dari manapun. Intranet merupakan pengembangan dari LAN. Kalau LAN pada dasarnya penyambungannya hanya satu, sedangkan intranet yaitu beberapa LAN disambungkan tetapi masih dibawah pengawasan dari satu perusahaan. Intranet memiliki cangkupan yang terbatas seperti lokasi, bangunan dan lantai.

Topologi yang digunakan pada jaringan intranet ini antara lain topologi tree, bus, ring, dan star. Namun 2 topologi yaitu bus dan ring sudah jarang digunakan. Jaringan yang umum adalah topologi star, kemudian kalau kita memerlukan hierarki maka kita gunakan kombinasi dengan tree. Tree ini pun dibentuknya dalam bentuk star. 

 
LAN sendiri pun memiliki suatu Standar yang digunakan. Yakni standar IEEE(Institute of Electrial and Electr onical Engineeers) yang sudah dispesifikasi untuk LAN. 

Comments

Popular Posts