ETHERNET


Ethernet adalah suatu protokol atau suatu aturan bagaimana computer berkomunikasi di dalam LAN (Local Area Network). Tadinya LAN mempunyai beberapa macam protocol / standar yang satu dengan lain tidak dengan mudah bisa berkomunikasi, memerlukan perangkat2 yang kita sebut intenetworking. Seriring berkembangnya wakru, standar tersebut memberi kemudahan dalam penyambungan. Oleh karena itu ethernet merupakan protokol yang banyak dipilih untuk LAN.
Protocol arsitektur dari Ethernet ini mendukung 2 layer pada OSI, yakni
1.   Physical layer
physical layer ini menggunakan kabel UTP dan bertugas untuk melakukan encoding & decoding, membuat preamble, menerima transmisi, dan menyambungkan ke jaringan.  

2.   Data link layer : ada dua sub layer.

·        Media Access Control (MAC)
MAC ini sangat dekat dengan physical layer, jadi secara fisik melalui kabel utp dan beberapa macam kabel yang lain. Nah media access control ini sebetulnya dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada perubahan apapun pada layer diatasnya. Fungsi dari MAC ini adalah sebagai transmisi dan receiver data, melakuka decoding, mengecek gangguan yang terjadi, dan mendektesi adanya error atau tidak.

·        Logical Link Control (LLC)
Sinyal yang tadinya masuk ke mac, kemudian dia akan dilayani oleh LLC yang kemudian akan diberikan kepada network layer untuk meneruskannya ke jaringan khususnya ke internet.
Perangkat yang menyambung ke ethernet memerlukan suatu perangkat yang disebut networt interface card (NIC) untuk menyambungkan komputer ke jaringan. Namun Karena banyak pemakaian dari ethernet yang merupakan standart, maka sekarang kita tidak mengunakan card lagi tapi sudah ada dalam perangkat komputer kita. Fungsi dari NIC adalah untuk media access control  (MAC) dan melakukan signaling. LLC juga ada di NIC card tersebut.
Ethernet merupakan standar paling populer, sederhana dan relative ekonomis. Ukuran kecepatan Ethernet yang pertama kali digunakan adalah 10 Mbps. Sekarang kebanyakan mengunakan kecepatan 100 Mbps, itu adalah standar, hamper semuanya memakai itu. Namun ada yang lebih tinggi lagi yaitu ukuran kecepatannya adalah 1 Gbps.

Comments

Popular Posts